Instalasi Pertama Moisture Management System di Sumatera Utara

30 Juni 2014

 

Pada Juni 2014, Trouw Nutrition Indonesia melakukan instalasi pertama dari alat Moisture Management System (MMS) di area salah satu feedmill terkemuka di Sumatera Utara.

Desi Ari Santi, Product Manager Feed Addictive, menjelaskan bahwa MMS didesain oleh Selko untuk mendeteksi secara otomatis dan mempertahankan atau mengoptimisasikan kadar moisture di dalam pakan. Dengan melakukan hal tersebut, feedmill bisa menurunkan biaya produksi dalam konteks menyimpan pemakaian energi (tegangan aliran listrik). Pada umumnya, tingkat kelembaban yang hilang (penyusutan) dalam bahan baku pakan dapat dipulihkan dengan menggunakan MMS, sehingga kadar air dalam pakan dapat dipelihara dengan baik.

Setelah proses mixer pakan, sensor MMS akan mendeteksi kemudian menghitung campuran Fylax Forte HC cair dan air yang diperlukan, yang kemudian akan disemprotkan ke dalam mixer pakan (dengan rasio tertentu). Rasio produk dan air akan diputuskan berdasarkan berapa banyak kesenjangan air dalam mixer pakan dan kelembaban pakan akhir yang diharapkan

Sebagai bentuk apresiasi dari kerjasama yang terjalin, Trouw Nutrition juga memberikan service laboratoriumberupa control moisture, mould count, water activity dan stress test. "Kami berharap instalasi MMS ini dapat diaplikasikan di area lain di Indonesia dan tentunya aplikasi ini dapat berguna baik untuk pelanngan maupun Trouw Nutrition Indonesia" jelas Desi Ari Santi.